Pengertian E-Marketing
Bahasannya berasal dari kata electronic dan marketing yang punya arti sebagai strategi pemasaran dengan mode apapun. Markting memang salah satu usaha yang punya banyak cabang seperti marketing online, bisnis, agribisnis, dropshipper, dan masih banyak lagi. Banyak orang yang sukses dalam usahanya karena menerapkan cara kerja penjualan yang benar atau bisa disebut sebagai strategi pemasaran yang jitu.
Sebab itulah E-Marketing sangat diperlukan dalam berbagai bisnis yang mencakup lapisan konsumen secara luas. Misal saja, seorang pengusaha memiliki bisnis ternak ayam, lalu bagaimana penggunaan marketin ini ? Nah, pengusaha tersebut bisa sukses dengan menerapkan strategi jitu seperti target pemasaran, konsumen, dan permainan harga. Bukan hal mudah menerapkan strategi pemasaran ini, sebab si pengusaha harus punya survei pasar dan target penjualan yang benar.
Untuk mempermudahkan pengusaha tersebut melakukan permainan marketing maka dibutuhkan electronic marketing atau memakai media internet. Cara yang satu ini memang terbilang mudah karena dengan perkembangan internet memudahkan pengusaha mencari konsumen, mencari harga, survei pasar, dan survei tingkat kebutuhan konsumen. Pemasaran memakai media elektronik atau internet memiliki tujuan utama yakni memperluas jaringan pemasarannya, bisa dibilang memperluas distributor produk melalui jasa pengiriman untuk produk tertentu.
Untuk pengertian E-Marketing lainnya juga dijelaskan oleh para ahli seperti Armstrong yang menjelalaskan bahwa e marketing merupakan cara pemasaran yang didalamnya punya komponen seperti komunikasi secara langsung, promosi, jasa, atau lainnya yang bisa diakses lewat internet. Jadi intinya elektronik marketing ini merupakan salah satu kegiatan usaha / bisnis yang paling pokok dan bisa mempengaruhi maju tidaknya suatu perusahaan.
Manfaat E-Marketing Dalam Pemasaran
1. Elektronik Marketing ini dapat berguna sekali pada perusahaan yang ingin menjangkau konsumen lebih luas dan banyak. Memang dengan cara memakai media internet bisa lebih dikenal masyarakat luas sebab pengguna internet yang semakin banyak. Sistem ini memiliki kelebihan karena bisa menjangkaup berbagai elemen masyarakat sehingga akan mendapatkan lebih banyak konsumen.
2. Penggunaan sistem E marketing berguna sekali untuk menciptakan komunikasi antara konsumen dengan produsen mengenai suatu produk. Kadang juga sistem ini berguna untuk menyampaikan kritik atau saran atas produk sehingga perusahaan bisa meningkatkan kualitas produknya. Terciptanya komunikasi ini dapat berpengaruh pada tingkat konsumen yang memakai atau membeli barang tersebut.
3. Pemakaian E-Marketing terbilang simpel karena bisa update data yang lebih cepat sehingga kosumen tahu produk baru yang akan keluar. Bisa jadi sebagai media transfer data base dalam perusahaan sehingga lebih cepat dalam hitungan menit saja sudah selesai.
4. Pemakaian E-Marketing dinilai lebih mudah karena bisa dijalankan secara langsung tanpa filter yang menyusahkan penjualan. Bagusnya lagi, cara ini tidak memakai sistem distribusi yang membingungkan sehingga produsen bisa memakai media online secara langsung.
5. Memakai sistem E Marketing dapat mempercepat kinerja dalam penjualan yang meluas sehingga bisa mempercepat terkenalnya suatu produk. Memang memakai media internet ini lebih luas jangkauannya dibanding dengan sistem marketing tanpa online.
6. Dalam sistem ini bisa menampilkan statistik yang lebih rinci seperti penjualan, tingkat peminat, kenaikan harga, jumlah produk terjual dan lainnya. Sehingga ini mempermudahkan perusahaan mensurvei kebutuhan masyarakat secara media online.
7. Dalam strategi pemasaran seperti ini, bisa dibilang lebih hemat biaya dibanding melakukn pengiklanan yang dinilai cukup mahal. Artinya dapat digunakan untuk perencanaan modal dengan sistem menyatu secara online, jadi dalam perusaan memang dibutukan kinerja secara marketing online.
Tujuan E-marketing
1. Meningkatkan Traffic ke Website
Website-website besar seperti Detik, Okezone, dan website media lainnya biasanya mengirim email marketing untuk menambah traffic atau pengunjung ke website mereka. Karena semakin banyak pengunjung di website, akan semakin besar penghasilan dari iklan.
2. Mencari Pembeli
Perusahaan startup atau ecommerce memakai email marketing untuk meyakinkan subscriber menjadi pembeli. Anggap saja mereka punya 100 ribu subscriber, dengan CTR 2,30%, maka ada 2300 orang yang mengklik untuk belanja. Jika ternyata hanya 10% saja maka masih ada 230 orang yang belanja. Jika tiap orang belanja Rp 100 ribu, maka tiap email perusahaan tersebut mampu menghasilkan 23.000.000 rupiah!
3. Mengikat Pelanggan Loyal
Hampir sama dengan tujuan mencari pembeli, namun email marketing ini bertujuan untuk menjangkau pembeli yang sebelumnya pernah membeli produk Anda. Peluang pelanggan menjadi repeat buyer sangatlah besar jika Anda mengirim email marketing secara baik.
4. Promosi Produk
Dengan email marketing Anda juga bisa mengirimkan promosi atau sekedar informasi soal fitur dan produk baru yang Anda miliki. Email marketing juga berguna untuk mengirim undangan event yang akan Anda adakan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar